3 Jurus Sakti Jualan Tanpa Henti !

Salah satu kunci utama keberhasilan perusahaan, bisnis, atau transaksi perdagangan ialah kemampuan dalam menjual. Dengan menjual, omset, penghasilan dan profit akan meningkat dengan signifikan. Menjual merupakam salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan menentukan bagi pribadi atau perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba atau profit untuk menjaga keberlangsungan bidang usahanya.

Secara umum, Menjual merupakan aktivitas mencari prospek potensial, mempengaruhi pribadi atau perusahaan, baik secara langsung atau melalui proses follow up, sehingga ia memutuskan untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.

Menurut Rhenald Kasali, dalam sebuah artikel berjudul “Optimisme Ekonomi Digital Indonesia, Kompas, 17 Oktober 2018, Konsumsi dan kehidupan tengah shifting ke dalam dunia cyber, ekonomi semakin kolaboratif, dengan munculnya banyak inisiatif yang didasari sharing economy. Ia juga mengemukakan bahwa McKinsey dalam laporannya belum lama ini menyebutkan bahwa ekonomi digital Indonesia sekarang hampir sama dengan China pada tahun 2010, berdasarkan indikator-indikator seperti penetrasi eretail, GDP per kapita, penetrasi internet, pengeluaran retail dan urbanisasi.

Pada tahun 2017, nilai perdagangan online Indonesia mencapai 8 milliar dollar. Nilai ini meningkat menjadi 55 sampai 65 miliar dolar pada tahung 2018. Sedangkan penetrasi pengguna internet meningkat dari 74% penduduk pengguna internet saat ini menjadi 83 % pengguna di tahun 2022.  Ini adalah peluang yang sangat luar biasa dalam menjuat produk atau jasa. Tanpa tahu strategi internet marketing, di era disrupti seperti saat ini, bisa dipastikan ia akan jauh tertinggal atau bahkan mati.

Agar kita mampu beradaptasi dengan perubahan dan mampu mengantisipasi penurunan omset atau profit bisnis yang diliustrasikan sebagai sunami ekonomi, ada beberapa istilah penting yang perlu Anda fahami dan gunakan.

Funnel System

Makna Funnel seperti kita ketahui secara bahasa artinya corong. Dalam dunia penjualan, Sales Funnel ialah proses perubahan (conversion) dari leads atau orang sering menyebut database menjadi prospek melalui sales process sehingga tersaring menjadi pembeli dan secara terus menerus meningkat menjadi client atau pelanggan yang terus membeli dan meningkat jumlah pembeliannya secara masif.

FUNNEL = Building Trust + Selling

Secara garis besar, konsep Sales Funnel merupakan upaya membangun kepercayaan suspect, prospect sehingga ia menjadi pelanggan yang melakukan pembelian secara terus menerus dan terus meningkat. Membangun kepercayaan pelanggan dalam era digital mengalami lompatan yang sangat signifikan. Untuk produk atau jasa tertentu, proses negosiasi tidak harus bertemu langsung dengan pelanggan, melainkan melalui penjelasan tulisan dan video dengan lampiran data, informasi serta fakta yang sangat meyakinkan sehingga membuat orang percaya dan yakin sehingga ia segera take action untuk membeli.

Selling (Jualan) = Traffic X Konversi

Proses menjual sangat tergantung traffic dan konversi. Untuk menghasilkan banyak prospek, traffic atau lalu lintas suspect yang ada di sekitar kita harus ramai, kita harus secara proaktif hadir atau menghampiri kerumunan (crowd), baik komunitas online, WA group atau melakukan iklan di internet agar pengunjungnya bisa mengakses informasi atau promosi kita 24 jam sehari.

Sedangkan konversi adalah suatu proses perubahan dari suspect menjadi prospect, prospect menjadi pembeli dan pembeli menjadi pelanggan secara terus menerus. Konversi bisa kita analogikan sebagai SPG atau Sales Promotion Girl, yang dengan berbagai cara, teknik menjual sehingga menjadikan prospek memutuskan untuk membeli.

3 Jurus Sakti Jualan Tanpa Henti

Setidaknya ada 3 Skill /keahlian Terpenting yang perlu dimiliki oleh tenaga pemasar dan pemilik bisnis di era internet yang mengandalkan big data,  yaitu :

  1. Landing Page

Landing page adalah website satu halaman. Dengan skill membuat Landing page, kita bisa menyusun penawaran produk atau jasa yang kita jual dengan sangat menarik, Terstruktur, Sistematis dan akan mendatangkan hasil secara Masif. Kita bisa mengkombinasikan tulisan, gambar dan video sehingga pelanggan secara sadar atau tidak tergiring untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

  1. Copywriting & Video Marketing

Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan. Respon pelanggan bisa bertujuan agar ia mengingat, mendaftar, membeli atau melakukan tujuan lain yang anda inginkan dari tulisan tersebut.

Dalam era internet dan bisnis online, menggunakan teknik copywriting sama seperti menggunakan salesman untuk menarik calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Hanya saja salesman ini berwujud tulisan di dalam website maupun iklan apapun yang menggunakan media tulisan.

Video Marketing merupakan alat promosi modern yang memungkinkan Anda menyajikan konten digital marketing sehingga calon pembeli menjadi lebih tertarik dengan produk atau jasa yang kita jual. Video marketing adalah semua jenis video yang Anda rekam dan posting dengan tujuan bisnis. Dengan menambahkan Video di landing page atau halaman utama website Anda akan membuat orang semakin tertarik, meningkatkan konversi prospek untuk melakukan penjualan. Ccopywriting dan Video Marketing jika disusun dengan baik di landing page akan menjadi sales bayangan, sales kloning Anda yang bekerja 24 jam dan menghasilkan penjualan puluhan, ratusan bahkan ribuan kali lipat.

  1. Iklan di Internet (Fb Ads, IG Ads, Google Ads)

Setelah Anda mampu membuat atau menyewa tenaga ahli untuk membual landing page dengan konten utama berupa copywriting dan video marketing, untuk melipatgandakan traffic dan konversi maka Anda harus beriklan diinternet. Iklan diinternet adalah terobosan yang sangat luar biasa, dengan hasil yangdi luar dugaan kita.

Saya sudah mempraktekannya, dengan hanye mengeluarkan modal Rp.300.000 sampai Rp.600.000,- per bulan kita bisa menghasilkan prospek tertaget minimal 3 sampai 6 orang per hari. Bandingkan dengan era media cetak, kita harus mengeluarkan budget jutaan untuk beriklan selama satu bulan, dengan hasil yang belum bisa dipastikan.  Inilah era REVOLUSI DIGITAL, Era DISRUPTIF yang jika kita tidak ingin mati, punah atau tergilas oleh perubahan, kita harus beradaptasi dengan cepat, segera ambi Tindakan untuk bisa menghasilkan penjual dengan berlipat. Meningkatkan hasil bukan secara linear, melainkan eksponesial.

Take Action sekarang juga !!! Jika Anda ingin belajar, praktek dan menguasai 3 Jurus Sakti Jualan Tanpa Henti, segera kunjungi link di bawah ini.

tinyurl.com/BIAharman

Semoga bermanfaat !!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*