OmniChannel and Multi Funnel Strategy

Semangat pagi rekan2 tenaga pemasar dan Pebisnis yang Luar biasa di seluruh nusantara.

Pagi tadi kurang lebih 30 menit kembali Saya melakukan morning run. Alhamdulillah badan jadi segar bugar dan selalu tegar menyongsong challange yang ADA di depan Kita.

Dalam video berdurasi 6 menit pasca morning run, Saya menjelaskan Satu tema yaitu Omnichannel Dan Multi Funnel.

Saya belajar dari perusahaan tempat Saya Bekerja PT. Astra International. PT. Astra yang sudah berusia 63 adalah perusahaan kebanggaan Bangsa yang mempunyai beberapa anak perusahaan dari bidang otomotif, alat berat, financial, agro Bisnis, properti, dan lainnya.

ADA seorang teman yang sudah menjadi Pebisnis Kuliner memberikan informasi bahwa mempunyai 1 resto besar pada saat kondisi ekonomi baik cukup rame dan profitable. Namun dengan perkembangan digitalisasi, pola hidup dan belanja masyarakat yang berubah, saat ini mempunyai banyak rumah makan kecil, banyak peluang untuk dapat market dan profit lebih besar.

Saya pribadi 12 Tahun menjadi salesman, 6 tahun menjadi sales leader praktek langsung, bahwa kunci jualan dan profit banyak berasal dari banyaknya channel yang kita miliki dan funnel (conversion) yang tinggi.

Semasa menjadi salesman Saya tidak pernah sampai target, loh….ya benar, Saya gak pernah sampai target tapi selalu over target. APA yg Saya lakukan ?

Saya Punya sales channel berupa Astra Group, beberapa perusahaan, rental, koperasi yang selalu rutin melakukan pembelian ditambah jualan retail yang terus mengalir. Makanya bisa over target. Dari Omnichannel ini, Saya Juga mengukur mana yang secara conversion tinggi dari masing-masing channel.

esok harinya sesmpai kantor jam 07.30 Saya menelfon salesman terhebat di Auto2000 DKI Apip Pudin. Lebih dari 3 Kali berturut-turut ia Membuktikan dirinya bisa jualan retail terbanyak di Auto2000 DKI.

Saya menanyakan kepadanya bagaimana kondisi market saat ini dengan adanya Berita tentang virus Corona ?

Menurutnya di area Bekasi belum begitu berpengaruh, pengunjung di area pameran mall atau pusat perbelanjaan masih cukup rame. Pelangganggan yang butuh Mobil masih banyak dan peluang untuk jualan banyak masih terbuka.

Dari perbincangan singkat via phone, ia menyampakan jualan bulan Januari-Februari masih double digits, sampai tgl 10 SPK sudah 7 unit, artinya market masih cukup Ok asalkan mau Ekstra Effort dan perbanyak channel Prospek.

Saya bertanya channel Prospek Apip dari mana saja ? Ia menyampaikan sebagian Besar berasal dari referensi, repeat order, di mana-mana terus berusaha dapat kenalan dan data contact prospect, data base bengkel, sosial media. Artinya ia memanfaatkan banyak channel.

Untuk sosial media meski masih menggunakan Fb Organic alias gratisan, ia bercerita musti sering like, comment and share.

Care terhadap kondisi customer yang up date status sedang sakit misalnya dengan ucapan “Semoga cepat sembuh” atau memberikan apresiasi ketika pelanggan sedang berbahagia Karena Ulang Tahun atau mendapatkan penghargaan.

Serelah memberikan ucapan ternyata berbuah manis dengan tambahan order.

Apip menyampaikan kuncinya Prospek musti banyak, follow up musti kenceng dan negosiasi atau ketemu orangnya Juga maksimal. Dari awal bulan ia sudah bertemu 17 Prospek dan 7 deal. Ia Juga masih sempat Bantu teman satunteamnya dari 3 pelanggan yang dibantu nego, 2 closing.

Dengan banyaknya Channel Prospek, tingginya conversion dari masing-masing Funnel akan semakin meningkatkan Penjualan Anda.

Tetap jadi yang Terbaik Apip. Terima kasih sharing paginya.

Semoga bermanfaat.

Salam Dahsyat Luar Biasa !!!

https://tinyurl.com/BIAharman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*