Scale Up Your Business and Selling with Digital Prospecting

Digital Prospecting

Menurut Philip Kotler, Hermawan Kertajaya dan Iwan Setiawan, Marketing 4.0 adalah pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan offline yang terjadi antara penjual dan konsumen. Marketing 4.0 juga mengembangkan konektivitas machine-to-machine dan artificial intellegence untuk meningkatkan produktivitas penjualan. Konsep ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2017 dalam buku berjudul “Marketing 4.0, Moving from Traditional to Digital” (Wiley, 2017).

Prediksi awal bahwa tren digitalisasi secara massive akan terjadi tahun 2025 di negara berkembang seperti Indonesia, ternyata mengalami percepatan yang luar biasa sebagai imbas pandemic Covid-19. Di tahun 2020 fenomena perkembangan digitalisasi menjadi lebih cepat menjangkau hampir semua lini bisnis. Dari Level Usaha Kecil Menengah sampai Start up yang terus bermunculan.

Yang menjadi pertanyaannya kemudian ialah ……

Apakah Anda sudah siap menghadapi perubahan yang begitu cepat ?

Problem apa yang paling banyak ditemui oleh para pebisnis dan tenaga pemasar di era digital ?

Bagaimana caranya untuk bisa beradaptasi, bertahan bahkan melejitkan omset dan profit dalam era yang semakin menantang ini ?

Mau atau tidak mau perubahan itu sudah terjadi di sekitar Anda. Siap atau tidak siap   perubahan itu sudah ada di hadapan Anda. Perubahan adalah sebuah keniscayaan, sunatullah atau bagian dari hukum alam. Perubahan dalam kehidupan kita tidak dapat terelakkan, pasti terjadi.

Mangapa di masa krisis ekonomi sekarang begitu banyak perusahaan gulung tikar, terjadi pengurangan karyawan, pemotongan gaji atau tunjangan, bahkan banyak merebak gelombang pemutusan hubungan kerja alias PHK ? Masalah utamanya ialah karena menurunnya penjualan, berkurangnya transaksi jual beli dan tidak adanya cash flow yang masuk ke perusahaan atau bisnis yang digeluti.

Lantas apa Solusinya ?

Inti dari Bisnis adalah Penjualan (selling)

Inti dari Penjualan adalah Prospek (traffic

Inti dari Prospek adalah aktivitas mendatangkan prospek (prospecting)

Dulu, Ketika jaman Old Normal, prospecting atau aktivitas mendatangkan prospek biasa dilakukan dengan membuka toko, melakukan public display di mall atau pusat keramaian dan canvasing door to door untuk menawarkan produk atau jasa yang kita jual, Di Era New Normal aktivitas tersebut masih bisa dilakukan akan tetapi sangat terbatas dan minim jangkauan. Artinya jika kita tetap bertahan dengan cara lama, maka pelanggan kita akan beralih ke penjual lain, customer kita akan memilih yang jauh lebih mudah diakses, banyak keuntungan yang ditawarkan dengan proses yang jauh lebih simple.

Lebih dari 12 tahun saya berpengalaman menjual ke end user, lebih dari 6 tahun saya membimbing team penjualan, saya terus belajar, up grade skill dan knowledge, terus praktek dan sekarang juga tergabung dalam Komunitas Pebisnis Internet dan Komunitas Bisnis digital dengan metode yang cukup berbeda satu dengan lainnya. Hal ini semakin memperkaya skill saya dan team dalam memasarkan di era marketing 4.0.

Dari pengamatan, pembelajaran dan praktek langsung di masa pandemic imbas wabah Covid 19 sekaligus memperhatikan dengan seksama bisnis yang masih bertumbuh dengan sangat signifgikan melalui pemanfaatan digital prospecting, setidaknya ada 3 Metode yang terbukti efektif mendatangkan traffic atau prospek, yaitu :

  • WA Blaster secara Personal

Tahukah Anda ? berdasrkan data dari survey Hootsuite Januari 2019, Whatsapp menjadi salah satu media sosial paling aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan penetrasi mencapai 83%. Artinya sebanyak 83% pengguna internet atau sekitar 124 juta pengguna tercatat menggunakan WhatsApp pada gadget mereka.

Bahkan berdasarkan laporan dari App annie, WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan paling popular di seluruh dunia berdasarkan  pengguna aktif bulanan tahun 2019. Berdasarkan informasi blog resminya, WhatsApp menyebutkan bahwa Secara global pengguna WA tembus ke angka dua miliar pengguna. (kompas.com, 13 februari 2020).

Itulah sebabnya aplikasi WhatsApp menjadi media yang sangat potensial untuk bisa mengembangkan bisnis dan pejualan dengan piranti media digital. Nah, rekan-rekan pebisnis dan tenaga pemasar di seluruh nusantara, yang menjadi pertanyaan selanjutnya ialah

Bagaimana kita bisa mengoptimasi pemanfaatan WA ?  

Jika kita menggunakan cara konvensional, pemanfaatan WA juga secara manual , artinya hanya bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di WA seperti Update statu, WA Chat atau messenger, broadcast dengan jumlah yang terbatas dan tentu saja dengan effort yang bisa membuat jari kita “kriting”, he he he.

Hampir satu bulan ini saya menemukan cara baru, metode baru, tools baru yang bisa mengoptimasi pemanfaatan media WA secara autopilot dalam jumlah yang cukup besar lebih dari 400 data pelanggan lama dalam sekali kirim. Bahkan ada seorang teman yang sudah lebih lama menggunakan bisa ribuan pelanggan yang ia bisa sapa dalam satu hari. It’s amazing.

Dari jumlah tersebut akan tersaring ada berapa yang nomor WAnya masih aktif, ada berapa yang memberikan feed back, menjadi hot prospek bahkan closing penjualan. Menarik bukan ?

WA blaster personal untuk pelanggan lama akan memudahkan keep in touch dan interaksi secara intens dalam versi WA Chating sehingga mengingatkan kembali pelanggan lama dengan eksistensi kita dan bisnis yang sedang kita geluti. Teknik ini juga akan menambah interaksi dengan prospek-prospek baru. 

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan tools tersebut, silhkan klik link…..http://bit.ly/seminarbisnisdigitalHM

  • Email Marketing

Email Marketing adalah rangkaian kegiatan pemasaran digital yang dimulai dari pengumpulan email, dilanjutkan dengan melakukan pengiriman email secara massal, yang berisi informasi produk atau promo, yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama maupun pembeli baru. Secara umum cara penggunaan email marketing ada dua, yaitu secara manual dan menggunakan tools, hampir sama dengan pemanfaatan WA Blaster secara personal.

Penggunaan email marketing secara manual ialah semua aktivitas dari mengumpulkan list atau data email sampai pengiriman e mail dilakukan satu per satu atau manual. Jika alamat emailnya sedikit barangkali tidak menimbulkan masalah, akan tetapi jika jumlahnya ribuan maka Anda akan membutuhkan waktu yang lama.

Jika Anda menggunakan tools email marketing, setelah list email dikumpulkan secara massive, pengirimannya pun bisa dilakukan secara massal. Dengan satu kali klik tombol kirim, maka e mail Anda sudah bisa menjangkau ribuan pelanggan, tanpa harus takut ditandai sebagai spam. Sifat penyampaian terhadap pelanggan pun sangat personal, dengan menyebutkan nama sapaan dan panggilan akrabnya.

Di saat email sedang proses mengirim, anda bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting. Serasa mempunyai asisten pribadi yang membantu pekerjaan kita. Pada saat e mailnya berjalan, Anda masih bisa jalan-jalan.

  • Optimasi Social Media Ads

Pemanfaatan social media secara garis besar juga menggunakan dua cara, yang pertama adalah organic, yang ke dua ialah dengan metode berbayar. Ada beberapa Social Media yang sangat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang kita jual saat ini, diantaranya Facebook, Instagram, Youtube, LinkedInn, Line, dan sebagainya.

Pendekatan secara organic lebih mengarah bagaimana kita bisa mengembangkan personal branding kita, membuat digital content yang menarik secara konsisten sehingga follower atau subscriber kita terus meningkat. Dari intearksi dengan pelanggan atau calon pelanggan yang ada di social media, akan membuat client kita menjadi suka dan percaya, sehingga pada akhirnya membeli produk atau jasa kita.

Jika kita ingin menggunakan metode berbayar baik di googlr ads, Fb Ads, IG Ads atau lainnya, kita harus belajar dengan tekun untuk bisa menemukan pola yang efekti dan menghasilkan. Mulai dari target market yang tepat, batasa usia, demografi atau faktor lainnya akan menentukan tingkat penambahan leads atau konversi dari prospek menjadi beli. Selain bisa belajar dan praktek langsung, untuk memasarkan dengan iklan digital berbayar kita juga bisa menggunakan jasa konsultan yang sudah terbukti jago dan memberikan banyak kontribusi database baru dan pembelian.

Jika Anda tertarik untuk bisa memanfaatkan 3 channel utama untuk meningkatkan traffic atau tambahan prospek, silahkan WA ke 0818472273 atau klik link di bawah ini…http://bit.ly/WebinarBoostKEHM

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*