Rahasia Sukses di Masa Kuliah & Masuk Dunia Kerja

Sabtu, 14 November 2020 jam 14.35 ada notifikasi di WA dari orang yang belum saya kenal, baru saya buka sekitar jam 16.00 wib. Ternyata dari Panitia GRASI (Grand Anniversary KMAP) ke-30 tahun, Keluarga Mahasiswa Administrasi Publik, Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret. Ia memperkenalkan diri dan meminta kesediaan saya untuk Sharing Alumni pada 22 November 2020 jam 18.30 -20.30. Karena saya pernah jadi mahasiswa dan sering mengadakan acara serupa meski beda metode, dulu langsung bertatap muka, sekarang dengan media daring. Saya langsung menyanggupi dan gak pake prosedur formal, via WA aja sudah cukup.

Menurut mereka, Sharing alumni merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar Alumni dengan para Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara. Juga sebagai wadah para Alumni memberi ilmu yang bermanfaat untuk para Mahasiswa/I Ilmu Administrasi Negara dan sharing mengenai pengalamannya saat berkuliah di FISIP UNS maupun di dunia kerja. Event ini mengambil tema “Plan Your Future Through Their Stories”.

Tulisan ini rencananya saya sampaikan di akhir sesi acara agar melengkapi apa yang sudah saya sampaikan secara lisan melalui media zoom meeting.

Sebelum saya menguraikan poin-poin yang diharapkan oleh panitia GRASI dalam sesi sharing alumni, ijinkan saya bercerita sedikit tentang latar belakang saya. Saya lahir di satu pulau di sebelah barat Kota Cilacap dan sebelah utara pulau Nusakambangan, nama daerahnya orang biasa mengenal kampun “Jojok” atau saat ini menjadi Kelurahan kutawaru. Sejak saya kecil, sampai saya sampai saya lulus kuliah belum ada jaringan listrik PLN. Tepat saya lulus SD tahun 1991, belum ada Sekolah Menengah Pertama (SMP) apalagi SMA. Sehingga untuk melanjutkan Pendidikan SMP-SMA sampai kuliah saya sudah harus terbiasa berpisah dengan kedua orang tua dan adik-adik saya.

Di jenjang Pendidikan SMP, saya diterima di SMP negeri 3 Cilacap yang kebetulan dekat dengan rumah adiknya mbah, jadi selama tiga tahun saya menetap di tempat tersebut dan terbiasa membantu  membersihkan rumah, mempersiapkan dagangan di toko dan mencuci, setrika adalah pekerjaan yang sudah biasa saya lakukan sejak umur 13 tahun. Bahkan sebelum itu pun sudah terbiasa membantu orang tua di rumah.

Alhamdulillah pertama masuk SMP saya juara 1 dalam program Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Yaitu sebuah metode pra masuk sekolah di tinmgkat SMP yang berlangsung kurang lebih 1-2 minggu. Baik secara teori maupun praktek pengamalan Pancasila di masa Orde baru. Dari kelas 1 sampai 3, alhamdulillah tidak pernah absen dari ranking 1-3. Lulus SMP saya melanjutkan ke SMA N 1 Cilacap dan akhirnya kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS tahun 1997-2001.

Nah sekarang saya akan bercerita tentang masa kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS.

Meski saya terbiasa jauh dari orang tua, namun biasanya setiap satu atau dua minggu pulang ke kampung karena hanya nyebrang segara anakan sekitar 15-20 menit, saat kuliah di Solo perjalanan Bus atau kereta bisa sekitar 6-7 jam. Yang jelas proses pertama yang harus kita lewati di awal kuliah ialah kecepatan beradaptasi. Beradaptasi dengan tempat baru, kamar kos yang hanya berukuran 2 X 2.5 M, cuaca, suasana, teman-teman dan lingkungan pembelajaran baru yang sama sekali berbeda dengan masa SD – SMA.

Kebetulan hampir setahun kuliah, tepatnya bulan Mei 1998 kondisi politik nasional memanas, momentum yang sangat strategis untuk berfikir, bersikap dan bertindak kritis terhadap hegemoni kekuasaan orde baru selama 32 tahun. Meskipun setelah bergulir masa reformasi sampai saat ini pun celah kekurangan pemerintah juga masih cukup melimpah.

Intinya di masa kuliah, focus utama saya selain kuliah ialah berorganisasi baik intra maupun ekstra kampus, mengikuti banyak aktivitas intra dan ekstra kurikuler. Mencoba tantangan dan pengalaman baru, mengembangkan jejaring, menjadi panitia event-event kampus dan sempat menjadi Koordinator Forum Diskusi Mahasiswa tingkat FISIP, menjadi ketua Pemilu Kampus, menjadi Pj Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FISIP UNS 1999-2000 dan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (HIMAGARA) FISIP UNS. Termasuk logo yang sampai saat ini digunakan KMAP adalah buah karya sekretaris Umum saya Handi Syaiful. Dulu Namanya HIMAGARA, Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara.

Selain itu, saya juga rajin mencari info dan mendapatkan bantuan beasiswa dari pihak luar kampus, yang difasilitasi oleh kampus. Meski saya terlibat sebagai aktivis kampus, saya tetap lulus tepat 4 tahun dengan IPK yang masih cukup lumayan 3.22.

Selain berbagai aktivitas tadi, saya juga aktif meringankan beban biaya operasional harian dan kuliah dengan bekerja part time di akhir masa kuliah saya. Sekaligus sebagai wahana persiapan Ketika nanti lulus kuliah sudah mempunyai pengalaman kerja, meski hanya 1 tahun.

Di era Internet saat ini, semua semakin mudah, akses informasi ada dalam genggaman kita. Peluang dan kesempatan sangat luas, tergantung kita mempunyai kesiapan Skill, Knowledge, Attitude yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau bahkan mampu membuka lapangan kerja sebagai seorang pengusaha.

Saya lulus pendadaran atau ujian skripsi dengan judul “Formulasi Kebijakan Peraturan Daerah tentang Larangan Minuman Keras di kabupaten Cilacap”, tepat di hari ulang tahun saya 24 Agustus 2001. Wisuda akhir Desember 2001 sambil menunggu pacar saya yang sekarang jadi Istri saya Elli Apriayanti, Jurusan ilmu komunikasi FISIP UNS.

Waktu tunggu saya memasuki dunia kerja hanya 1 bulan setelah lulus, Januari 2002 saya diterima sebagai Sales Buku Terbitan Airlangga di Pasar Rebo Jakarta Timur. Karena cuaca Jakarta yang kurang bersahabat, baru 3 hari kerja saya sakit demam, flu berat, saya ijin untuk berhenti karena tidak bisa masuk beberapa hari.

Pada saat saya sedang sakit, saya tinggal di rumah kakak saya di Cilincing, Jakarta utara, pacar saya Elli datang membawa satu eksemplar Koran Kompas, dia bilang ada lowongan di Astra Toyota. Langsung say abaca dan setelah sembuh dari sakit langsung mendatangi lokasi Interview dan lulus. Hingga lebih dari 18 tahun saya belum berpindah perusahaan.

Apa yang perlu dipersiapkan pada awal lulus kuliah dan sebelum memasuki dunia kerja ?

Kebetulan sebelum lulus kuliah saya sudah bekerja di Lembaga Pendidikan CES “Citra Emas” School of Management and Public Relations besutan Prof.Dr. Widodo Muktiyo. Selain sebagai marketing, mencari siswa, saya juga sempat dipercaya membawakan materi tentang personal branding dan communication skill. Sehingga begitu lulus saya sudah ahli membuat CV dan melakukan Interview Ketika melamar pekerjaan.

Coba lebih banyak & Fokus pada tujuan atau cita-cita kita

Potensi atau Skill yang perlu dipersiapkan antara lain :

  1. Percaya diri & Communication Skill
  2. Mudah beradaptasi & Integritas
  3. Mampu Bekerja secara mandiri & team
  4. Problem Solver & Leadership
  5. Inisiatif, Gigih & Komitmen

Semoga bermanfaat !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*