e-commerce dan Affiliate Marketing

Bermula dari pertanyaan beberapa teman sales, leader, dan pebisnis tentang e-commerce dan affiliate marketing, akhirnya saya mencari referensi, bertanya pada ahlinya dan juga berdasarkan pengalaman yang sudah saya praktekkan langsung. Berikut sedikit ulasan perihal e-commerce dan affiliate marketing.

Semoga bisa memberi tambahan manfaat.

Work From Home (WFH) bagi Sebagian orang adalah mati gaya, gak bisa ngapa-ngapain, banyak masalah, namun bagi 5 % orang adalah kesempatan untuk up grade skill dan menemukan peluang usaha di saat orang lain kehilangan kesempatan & pekerjaan.  Begitu banyak kesempatan pembelajaran yang berseliweran di lini masa sosial media. Dengan sepinya bisnis konvensional, e-commerce dan affiliate marketing adalah peluang, strategi dan kesempatan untuk menambah pundi-pundi tambahan penghasilan.

e-commerce atau istilah lain dari perdagangan elekronik adalah system pemasaran barang atau jasa, termasuk transaksi pembelian dan penjualan didalamnya dengan bantuan metode elektronik seperti  internet, televisi, website atau channel digital lainnya. Salah satu model bisnis yang saat ini sangat popular di dunia internet adalah affiliate marketing.

Affiliate marketing sebenarnya merupakan model bisnis yang sudah ada sejak dahulu kala, hanya saja namanya aja yang sekarang tampak canggih. Affiliate marketing sebenarnya istilah lain dari bisnis makelar atau perantara. Bedanya Cuma tools atau media yang digunakan adalah media internet atau online. Ada yang menyebutnya sebagai makelar online he…he…he….

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Secara garis besar, cara kerja Affiliate marketing bermula dengan mendaftar Program Afiliasi. Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan tertentu. Setelah Anda terdaftar sebagai member affiliate, tugas anda selanjutnya ialah promosi produk.

Anda mempromosikan produk dari perusahaan tersebut  WA, e mail, blog, Fb, IG dan media sosial lainnya yang Anda miliki. Ketika orang-orang sesuai target market Anda menggunakan kode atau link referral Anda dan melakukan transaksi pembelian, maka di situlah Anda mendapatkan komisi sesuai dengan kontrak kesepakatan di awal. 

Sumber : Niaga Hoster

Tugas utama seorang affiliate marketer ialah memaksimalkan jumlah traffic atau pengunjung ke website merchant atau toko online. Semakin banyak sebaran link web yang dibagikan sesuai dengan target market produk tersebut maka konversi akan semakin banyak.

Content web tersebut biasanya sudah berisi kombinasi tulisan (copy writing), gambar dan video marketing yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan action untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. System affiliate secara otomatis akan merecord setiap transaksi pembelian sesuai dengan link affiliate masing-masing.

Bagaimana toko online atau merchant bisa tahu pengunjung toko atau traffic itu datang dari Anda ?

Ketika seorang pengunjung datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya sebuah cookie atau file kecil yang ada di link affiliate yang berguna memberitahukan si merchant bahwa visitor tersebut datang dari affiliate atau makelar online sehingga merchant tidak akan salah dalam memberikan komisi ke affiliate lain.

Dengan perkembangan digitalisasi yang sudah lebih advance di luar negeri, hampir semua merchant atau toko yang menjual produk atau jasa sudah memiliki program affiliate. Mulai dari Amazon, Walmart, eBay, Alibaba, sony, HP, Dell dan toko kecil lainnya sudah menggunakan affiliate marketing. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah ada cukup banyak namun belum terlalu familiar.   

Seiring perkembangan era internet, digitalisasi yang begitu cepat dan strategi pemasaran yang begitu dinamis, Bagaimana peluang e- commerce & affiliate marketing, apakah bisa menjadi strategi jitu untuk pengembangan bisnis Anda ?

Jika Anda ingin mempelajari lebih mendalam, silahkan klik link di bawah ini 👇👇👇

https://auto2000.co.id

http://tinyurl.com/uddrwfs

Salam Sehat, Salam Hebat, Salam Nikmat

Semoga bermanfaat ,

Bersama Harman Dahsyat

2 thoughts on “e-commerce dan Affiliate Marketing”

  1. Coach Kalimat penutup nya seperti nya maksudnya bridging ke tulisan yg akan datang tetapi pembaca merasakan jembatannya putus ditengah.. Bukan rasa ingin tau yg datang malah … Kok sedemikian saja….. Cuma tambahan pemikiran dari murid yg pingin banget paham di era VUCA …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *