Over Target di Masa Krisis Mungkinkah ?

Kurang lebih seminggu yang lalu, Kamis malam 17 Desemer 2020 malam sembari pulang ke rumah dari kantor, sambil nyetir saya mendengarkan smart FM di sesi Smart NLP with Hingdranata Nikolay dengan tema “4 Tips Semangat Tutup Tahun”.

Sebagian besar diantara kita tidak mencapai target, biasanya diakhir tahun lemes karena minus. Namun menurut pak Hing sebagai Bapak NLP Indonesia selalu ada acara untuk bisa produktif dan semangat di akhir tahun 2020. Secara garis besar ia menyampaikan bahwa ada 4 tips  agar tetap sukses mengukir prestasi dan semangat di penghunjung 2020, yaitu :

  1. Fokus pada Tindakan hari demi hari (doing the best every day)
  2. Fokus Do The Best membangun Identity kita / jati diri Fokus menempa diri membentuk karakter yang lebih kuat di masa sulit (Corona University)
  3. Fokus Kick Start 2021 dengan Energy Tinggi sehingga MOMENTUM akhir tahun 2020 untuk mencapai hasil terbaik
  4. Buat Target Tambahan Pecah Rekor di bulan Desember vs Desember tahun lalu atau berbanding bulan-bulan sebelumnya. The Best Month on This Year

Seperti biasa, sembari menyetir, khusunya pada saat kendaraan melambat di sela kemacetan ibu kota saya menuliskannya di up date status fb saya sehingga keesokah harinya  bisa sharing ke team sales saya dengan harapan bisa menggerakkan spirit mereka untuk bisa mencetak prestasi terbaik di akhir tahun 2020.

Ya, benar saja keesokan harinya saya mulai sharing tentang 4 tips semangat tutup tahun. Setelah saya sampaikan garis besar dan sedikit penjelasannya, saya juga meng high light atau memberikan titik tekan bahwa sisa dua minggu ini adalah momentum terbaik untuk rekan-rekan team pecah rekor penjualan terbaik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Manfaatkan persepsi pelanggan bahwa akhir tahun adalah saat yang paling tepat unuk bisa beli mobil baru, banyak promo dan discount khusus. Tinggal bagaimana rekan-rekan mengetuk kanal-kanal digital dan offline mereka sehingga traffic meningkat dan order melesat.

Alhamdulillah dengan menentukan target, terutama pada masa libur Natal 24-27 desember 2020 yaitu 4 unit SPK perhari atau 20 unit selama 5 hari hasilnya bisa lebih terukur. Ditambah dengan monitoring day by day setiap ada penambahan order akhirnya target tersebut tercapai. Dan senin 28 desember masih membuahkan penambahan 6 unit order Toyota baru.

Awalnya secara rata-rata produktivitas pencapaiannya di angka 1-3 unit per sales force dari Januari – November 2020. Dan di akhir tahun tepatnya tanggal 28 desember sudah mencapai average 4 unit per salesman. Yaitu total 80 SPK dengan jumlah salesman 20 orang. Semoga bisa terus meningkat sampai 31 desember jam 24.00, dan menjadi Kick Star Hebat di awal 2021, aamiin.

Terima kasih Smart FM, terima kasih pak Hingdranata Nikolay.

Semoga bermanfaat,

Harman Dahsyat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*