GREAT ACTION

Tindakan merupakan aktivitas yang dilakukan atau dikerjakan. Segera ambil tindakan menuju ke arah goal yang sudah ditentukan hingga menjadi kebiasaan. Jika sudah menjadi kebiasaan, segala sesuatunya sudah tidak perlu difikirkan lagi, semua berjalan secara otomatis.

Tindakan atau action ini scopenya sangat luas, mulai dari action menentukan tujuan, membuat perencanaan sampai pada eksekusi dari perencanaan yang sudah ditetapkan seperti melakukan prospekting, follow up, membuat janji temu dan melakukan negosiasi dengan pelanggan.

Joe Girard, wiraniaga otomotif terhebat sedunia menurut Guinness Book of World Records dalam bukunya “Joe Girard ; 13 Aturan Penting dalam Penjualan” mengemukakan bahwa semua tindakan yang ia lakukan mempunyai dua kesamaan yaitu ia melakukan lebih banyak pekerjaan yang mendatangkan uang dan lebih sedikit melakukan hal yang tidak mendatangkan uang.

Menurutnya, pekerjaan yang lebih banyak mendatangkan uang ialah prospekting, membuat janji dan menjaga kontak dengan pelanggan melalui telfon dan e mail. Sedangkan pekerjaan yang tidak mendatangkan uang ialah pekerjaan administratif yang ia delegasikan ke sekretarisnya dan membuang waktu dengan wiraniaga lain. Ia lebih suka makan siang dengan bankir dan pelanggan yang dapat membantunya melakukan transaksi pembeliaan atau memberikan referensi untuk menambah jumlah penjualan.

Ia mengemukakan bahwa, sejak awal bekerja dia sudah melakukan riset dan memupuk kebiasaan dan rutinitas kerja yang memaksimalkan produktivitas serta efisiensi untuk hari berikutnya dengan tindakan  :

  • Menyiapkan daftar prospek yang akan saya hubungi berdasarkan nama
  • Mengunci dan menandai semua janji ketemu
  • Mempunyai informasi tentang latar belakang siapa saja yang akan ia temui (pekerjaan, gaji, kredit, info keluarga, hobi)
  • Meningkatkan sistem pemberkasan untuk memastikan informasi yang dibutuhkan siap sedia kapan sajadiperlukan.

Itu lah rahasia sukses keberhasilan Girard dalam melakukan penjulan. Secara product knowledge, tools penjualan, training yang ia dapatkan tidak berbeda dengan sales lain di tempat ia bekerja. Namun yang paling membedakan adalah konsistensi tindakan atau kebiasaan yang ia lakukan.

Untuk memaksimalkan hasil, selain dengan pendekatan yang sesuai dengan potensi yang kita miliki, dalam persaingan yang semakin menggila, kita juga harus melakukan ACTION BRUTAL, yaitu Action dalam jumlah BANYAK, RAJIN mengulang atau repetetion, dengan metode yang UNGGUL, TAK TERBATAS (on line dan off line), ANTI MAINSTREAM atau diluar pakem / kebiasaan yang ada dan yang paling penting ialah LIPATGANDAKAN.

Dalam sebuah sesi Business Lunch, Kamis 26 Juli 2018 di Plaza Indonesia, pak Tung Desem Waringin menyampaikan bahwa hal paling penting dari 7 Resep Sukses Anti Gagal adalah Action. Jika tidak ada action tidak akan ada hasil. Cara paling ampuh untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan ialah dengan Action. Ia menyampaikan bahwa “ No Action Nothing Happen, If You Take Action , Mirracle Happen  !!!”.

Pak Tung menyampaikan 7 resep Sukses Anti Gagal terdiri atas  :

  1. Keyakinan

Keyakinan kita harus bulat 100 % untuk mencapai kesuksesan. Yakinkan pada diri Anda, tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau belajar.

  1. Goal

Jika kita tidak mempunyai goal atau tujuan sama dengan hidup tanpa arah. Goal harus STPM, yaitu Cpesifik, Positif, Tertulis dan Menarik atau harus ada emosinya, sesuatu yang membuat kita tergerak untuk melakukannya.

  1. Alasan yang Sangat Kuat

Alasan yang sangat kuat datangnya dari kenikmatan yang amat sangat jika kita mengambil tindakan untuk mencapai goal tersebut. Atau membuat kita sangat sengsara apabila tidak mencapainya.

  1. Belajar dari yang Terbaik

Dengan pola MBBKM, yaitu Menemukan, Belajar, Bergaul, Kerja sama dan Mempekerjakan orang-orang yang jauh lebih hebat dari kita.

  1. ACTION

Lakukan action sampai menjadi habit atau kebiasaan. Lakukan action terbaik untuk mencapai hasil terbaik dan lakukan SEKARANG juga, jangan pernah menunda atau menunggu. Just Do It  !!!. Agar action yang kita lakukan bisa menjadi kebiasaan, hal yang perlu dilakukan ialah gunakan reward and punishment, terus lakukan monitoring, berikan feed back dan lakukan pembinaan jika masih ada yang belum mencapainya.

  1. Peka, Monitor, Lapor

Untuk mencapai kesuksesan kita harus peka terhadap proses yang sudah berjalan, lakukan monitoring dengan efektif dan laporkan jika ada yang tidak sesuai dan segera lakukan improvement.

  1. Kombinasi antara fleksibel dan persisten

Fleksibel mempunyai makna gunakan dengan cara apapun, persisten dijalankan untuk cara yang sudah terbukti paling baik.

 

Anda ingin mencapai puncak kesuksesan penjualan  ?

Segera ACTION, ACTION dan ACTION  !!!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*