Find a Way and Break The Limit

Bangun tidur, WA group sudah up date info, akses ke luar perumahan banjir, sekolah anak banjir, akses ke kantor banjir, team sales banyak ijin imbas dampak banjir. Terus apa yang bisa dilakukan ? Yes, beberes rumah, belanja telor, indomie goreng ke warung dekat rumah dan lauk buat sarapan pagi. Setelah urusan domestic beres tinggal mencari cara bagaimana melakukan antisipasi tools berupa jas hujan dan memantau jalur mana menuju kantor yang relative aman dan bebas genangan air. Singkat cerita tepat jam 08.20 bisa sampai kantor, 10 menit sebelum jam masuk kantor.

Rekan-rekan wiraniaga dan pengusaha pernahkah mengalami kondisi ini ?

Bagaimana jika hujan deras, banjir, akses terhambat itu adalah gambaran problem yang menimpa bisnis atau penjualan kita ?

Dari kurang lebih 30 orang sales hanya 10 orang yang masih bias menembus hambatan, rintangan dan gannguan yang ada dari rumah menuju kantor. Bisa jadi dalam bisnis dan penjualan pun jika diambil data, dari total salesman, hanya sekitar 30% yang bias mencapai target dan hanya 10% yang bias benar-benar ovber target. Mengapa bias demikian ?

Inilah probabilitas rata-rata yang terjadi dalam bisnis atau penjualan. Hanya sebagian kecil yang achieve dan over target dan sebagian besar lainnya under target.

Baru-baru ini kita banyak mendapatkan informasi tentang PHK massal alias Pemutusan Hubungan Kerja besar-besaran, mulai dari Indosat menawarkan PHK kepada karyawannya  mencapai 677 orang. Bukalapak sebagai perusahaan yang sudah masuk kategori unicorn dengan jumlah total 2.500 karyawan juga melakukan PHK dalam rangka mewujudkan visi sebagai sustainable e-commerce. Perusahaan lainnya seperti Net TV, Krakatau Steel dan terakhir HSBC juga melakukan PHK massal.

Pertanyaan selanjutnya adalah sudah siapkah kita atau perusahaan  dengan era disrupsi, badai VUCA dan Gelombang Tsunami 4.0 ???

Apa sajakah yang harus dipersiapkan untuk team atau cara berjualan atau bisnis kita ?

Jawabannya hamper serupa dengan case dalam pembuka tulisan ini. Kita harus mempersiapkan sumber daya, tools atau sarana prasarana pendukung dan mengetahui peta jalan menuju kesuksesan bisnis dan penjualan kita.

  1. Karakter Pejuang Tangguh

Yah, Pejuang Tangguh. Tanpa mental itu, 30 % team saya tidak akan sampai kantor. Tanpa mental itu, akan ada 1001 alasan untuk berhenti, menunda bahkan berdiam di rumah. Tanpa mental itu tidak akan ada penambahan penjualan atau bisnis yang kita jalankan.

Dalam buku The Greatest Sales Way (11), Menurut Jacob Ezra Karakter adalah kekuatan untuk bertahan di masa sulit . Karakter positif bisa diketahui melalui “respons” yang benar ketika kita mengalami tekanan, tantangan dan kesulitan.

Dengan adanya gelombang PHK yang mengancam, tingkat pengangguran yang tinggi dan banyaknya sales atau bisnis yang GAGAL, karakter pejuang Tangguh sangat dibutuhkan untuk terus bertahan dan bertumbuh menjadi lebih hebat

Karakter adalah pondasi yang sangat menentukan keberhasilan dalam bisnis, usaha atau penjualan barang atau jasa apapun.

2. Melek Digital Marketing

Digital Marketing merupakan segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui media internet. Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya meningkatkan penjualan, melainkan juga untuk promosi produk atau jasa baru, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.

Dalam sharing briefing tadi pagi saya menyampaikan bahwa, cukup banyak sales competitor yang cukup mahir beriklan di social media seperti Fb dan IG. Saya sampaikan dalm kondisi cuaca yang tidak menentu, penjualan yang relative menurun untuk sebagaian orang sales, namun di sisi yang lain tidak sedikit juga yang masih achieve dan over target. Saya contohkan kreativitas dalam bentuk gambar maupun video yang bersponsor atau berbayar yang cukup kreatif dari segi Headline ataupun content.

Saya juga menyampaikan dalam informasi fan page yang saya buat Fb menyampaikan bahwa ada banyak sekali orang yang terhubung dengan pelaku bisnis di Fb. Ada 1.6 Milyar orang yang menggunakan Fb terhubung dengan bisnis berskala kecil. Ada 44% pengguna Fb mencari tahu tentang produk dan layanan baru dengan Fb dan 2 Milyar pesan dikirim antyar orang dan pelaku bisnis setiap bulannya.

Pilihan ada ditangan Anda, apakah mau bergerak, mebuat terobosan dengan terlibat aktif memanfaatkan Sosial media baik secara organik atau berbayar (FB atau IG Ads). Atau sebaliknya, tenggelam oleh perubahan jaman dan konsisten dalam keterpurukan.

Jika anda mau, Saya siap mementori secara GRATIS.

3. Terus Bergerak dan Berinovasi

Ya, Keep Moving, Find a way and break the limit adalah jawabannya jika Anda ingin berhasil dalam kompetisi yang semakin ketat dan kompleks. Kita harus terus bergerak, mencari cara dan jalan menggapai apa yang menjadi target atau tujuan kita dan harus bias menembus batas-batas kemustahilan. Jangan pernah menyerah, focus pada solusi dan peluang adalah jawaban untuk bias terhindar dari krisis dan keterpurukan.

Temukan ide dan cara-cara baru yang efektif, lakukan secara konsisten, lakukan evaluasi dan terus berinovasi adalah master kunci untuk menjadikan Anda master dalam penjualan dan bisnis. Lakukan sekarang juga, Start Your Impossible !!!

tinyurl.com/BIAharman

Semoga Bermanfaat,

Harman Dahsyat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*