Leaders Challenge in Survival Era

Terobosan e-commerce Otomotif Indonesia

Prof. Renald Kasali dalam webinar Mahir Academy by Rumah Perubahan berjudul The Outbreak : Challenge & Oportunity, Selasa malam 24/3 (Media Indonesia 25 Maret 2020) menyebutkan bahwa “Corona ini memiliki karakter short term outbreak. Wabahnya bersifat sementara. Seperti tsunami, kejadiannya singkat, tapi dampaknya bisa luar biasa.” Banyak negara kewalahan menghadapi pandemic ini, termasuk negara maju Seperti Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Wabah ini mulai merambah ke Indonesia sejak pertengahan Maret 2020. Utamanya terjadi di wilayah DKI Jakarta. Lemahnya antisipasi sejak awal, lunaknya pembatasan akses masuk dari luar Indonesia menjadi salah satu penyebabnya. Di sisi lain, sifat penyebarannya yang begitu cepat laksana bencana tsunami menyebabkan susah diantisipasi.

Sejak pertengahan Maret 2020, secara de facto Jakarta telah meliburkan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan fasilitas umum dan social distancing. Secara de jure baru ditetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Selasa 7 April 2020 dan diimplementasikan penuh sejak 10 April sampai 14 hari kalender ke belakang.

Setelah berjalan 14 hari pertama dilanjutkan dengan 14 hari PSBB memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Hasil kajian Institute for Development of Economics and finance (INDEF) dalam penanganan wabah Covid-19 dan dampak ekoniminya dalam suarasurabaya.net 24 maret 2020 menyebutkan bahwa Pandemi virus covid-19 di masyarakat kian hari semakin menjangkiti perekonomian Indonesia.

Dampak ekonomi akibat virus ini semula hanya menggerus sisi eksternal perekonomian Indonesia melalui kenaikan sejumlah komoditas impor dari China. Namun seiring penyebarannya yang begitu cepat mengakibatkan stabilitas perekonomian pun terkena dampak signifikan. Sektor pariwisata, Industri dan perdagangan umum pun merasakan dampak cukup mendalam.

Nilai tukar rupiah terus melemah tajam, sementara pasar bursa pun meradang seiring laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terkoreksi dalam. Pertumbuhan ekonomi pun diperkirakan akan melambat drastis, terkikis oleh penjalaran dampak virus ke berbagai sektor perekonomian.

Bagaimana kebijakan dan strategi untuk menghadapinya ? Berikut rangkuman wawancara khusus dengan pimpinan perusahaan PT. Astra International, Toyota Sales Operation – Auto2000, Martogi Siahaan selaku Chief Eksekutif dalam menghadapi tantangan di era survival ini.

Bagaimana sikap dan pandangan pak Martogi selaku CEO Auto2000 menghadapi dampak ekonomi imbas wabah Cofid-19 ini ?

Auto2000 sebagai perusahaan yang mempunyai 126 cabang, 135 bengkel, 400 unit layanan THS – Auto2000 Home Service di Era yang menantang ini membutuhkan leadership yang adaptif, peduli dan cepat tanggap terhadap kondisi terkini. Kami terus melakukan koordinasi dengan team management baik pusat maupun cabang untuk memastikan antisipasi seluruh karyawan untuk tetap sehat dan mengikuti arahan pemerintah untuk fisical distancing,

Work From Home dan memastikan protocol penerimaan pelanggan baik di showroom atau bengkel dengan pengecekan suhu tubuh pada saat karyawan atau pelanggan masuk lingkungan perusahaan, mengatur jarak karyawan dan pelanggan serta menggunakan hand sanitizer, masker serta menjaga kebersihan secara berkala untuk semua fasilitas kantor.

Kami juga melakukan monitoring harian dengan bantuan digital system berkaitan dengan kondisi Kesehatan karyawan, memastikan mereka tidak ke luar rumah pada saat WFH, dan apakah ada orang-orang di sekitar mereka yang terimbas wabah Covid-19. Dengan data ini diharapkan semua karyawan tetap sehat, melakukan upaya antisipsi agar tidak tertular dan keluarga mereka juga aman dari penyebaran virus Covid-19.

Strategi bisnis apa yang pak Martogi jalankan untuk antisipasi, recovery dan keberlangsungan perusahaan dalam menghadapi krisis ini ke depan ?

Operational pelayanan terhadap pelanggan sampai saat ini tetap menjadi fokus kami meskipun dengan jumlah SDM seminim mungkin. Hal ini sesuai dengan Value proposition perusahaan kami yang bersifat personal. Auto2000 melayani pelanggan secara pribadi. Dengan membangun basis data pelanggan secara komprehensif, auto2000 memberikan layanan sesuai kebutuhan pelanggan.

Sebelum penetapan PSBB DKI dan Jaswa Barat, Layanan service baik dibengkel maupun di luar bengkel, secara pro aktif kami menghampiri pelanggan dengan layanan THS Auto2000 Home service. Hal ini tetap kami jalankan sesuai prosedur kesehatan, kebersihan yang ditetapkan pemerintah.

Beliau menambahkan “Berikan hal-hal positif kepada pelanggan dan team. Tetap semangat, tetap produktif, cari terobosan cara paling efektif sehingga kita bisa tetap bertahan dan waktu kondisi lewat kita harus stronger than before.”

Periode ini adalah waktu anugerah, di mana kita mungkin menguji beberapa inisiatif dan strategi yang kalau dalam kondisi normal kita enggan melakukan.

Dalam terminology tentang waktu, kita mengenal dua hal, yaitu Kronos dan Kairos. Kronos ialah waktu yang chronological time, waktu yang kita isi atautidak isi tetap akan jalan, orang lain juga jalan. Kairos adalah waktu atau momentum yang jika sudah terlewat kita tidak bisa mengulanginya lagi. Kita harus bisa merebut Kairos dalam kronos  yang ada. Melalui pembelajaran, Inovasi dan continuously improvement (kaizen).

Auto2000 Digiroom, Terobosan Momentum e-commerce

Pak Martogi menyampaikan sebagai salah satu Langkah antisipasi yang sudah kami persiapkan (kairos), ditengah wabah covid-19 yang mulai merambah Jakarta, Kamis 26 Maret 2020 kami melakukan Virtual Launch Event Auto2000 Digiroom.

Saat ini, business model berubah, kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi, dan menikmati layanan secara online menjadi kebutuhan utama customer di Indonesia. Ini adalah momentum e-commerce. Segalanya menjadi mudah.

Dari perspektif inilah, Auto2000 melakukan improvement untuk selalu memberikan kemudahan kepada pelanggan, auto family. Kini auto2000 Digiroom hadir layaknya ‘Toyota Showroom in Your Pocket’. Mendapatkan informasi, melakukan pemesanan mobil baru, mobil bekas, booking service, aksesoris, suku cadang, test drive, trade In dan melakukan transaksi dari Smartphone yang Anda miliki. Semua layanan showroom ada di genggaman Anda.

Bagi yang melakukan transaksi online pada e-commerce Auto2000 tersebut, tersedia voucher uang elektronik sebesar Rp 1 juta bagi 300 pembeli Toyota pertama secara online. Program ini berlangsung hingga 25 april 2020. Syarat dan ketentuan berlaku.

https://auto2000.co.id

Semoga pandemic ini segera berlalu, semua masyarakat semakin sehat dan perekonomian kembali normal dan meningkat.

Jakarta, 8 April 2020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*