GREAT CHARACTER

ANOMALI merupakan istilah untuk mendeskripsikan    penyimpangan dari kondisi normal. Itulah yang terjadi pada pasar otomotif terutama menjelang puasa dan lebaran tahun 2017. Menurut informasi dari m.bisnis.com pada 19 Juni 2017, mobil di kelas Low MPV menjelang lebaran justru turun 8,58% atau dari 21.990 unit menjadi 20.103 unit pada Mei 2017. Hal ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya di 2016. Menurut Herni Veryani Wijaya, Kepala Penjualan Mobil123.com pada 11 Juni 2016 dalam pemberitaan di SINDO, menyebutkan bahwa pada bulan Ramadhan tingkat penjualan mobil baik bekas maupun baru mengalami peningkatan hingga 10%, terutama di kelas MPV.  Fenomena ini juga terulang di lebaran tahun 2018.

Di level sales otomotif, menurut beberapa informasi yang saya dapatkan dari pengamatan team sales dan cek toko sebelah serta beberapa sumber informasi lainnya menunjukkan cukup banyak sales yang penjualannya turun bukan sekedar 10%, bahkan di bulan Mei dan juni 2017 ada yang penjualannya turun lebih dari 50%, demikian pula pasca lebaran tahun 2018. mengapa hal tersebut bisa terjadi ? karena dari total market yang terserap dan mengalami penurunan cukup signifikan, cukup banyak yang ditopang oleh penjualan fleet user yang membeli dalam jumlah puluhan bahkan ratusan unit, sehingga penjualan retail murninya menurun cukup tajam.

Namun demikian, apakah masih ada sales lain yang jualannya tetap bagus dan bersinar ? jawabannya adalah ya, masih ada.

Adalah Stevie Yoash Suryajaya atau biasa disapa dengan nama panggilan Yoash, salesman Auto 2000 Cempaka Putih yang mulai bergabung 12 Juli 2012, dan telah banyak membukukan rekor penjualan. Di tahun pertama dia menjadi sales sampai saat ini (2013-2018), secara konsisten ia menjadi The Best Sales DKI 1. Dan di tahun 2017 dinobatkan menjadi The Best of The Best Sales Toyota nasional dengan penjualan retail 290 unit di tahun 2016, naik 132% dari penjualan tahun sebelumnya sebesar 220 unit. Di Tahun 2016, secara average dia menjual 24 unit per bulan atau rata-rata 1 unit per hari. Sampai saat ini ia telah menjual lebih dari 1.000 unit.

Selain itu, ia juga mendapat predikat sebagai sales terbaik menurut versi Toyota Astra Motor menjadi member prestisius STAR AWARD di tahun 2013 dan 2016. Selama menjadi sales di AUTO2000 ia juga mendapatkan apresiasi trip ke luar negeri diantaranya ke Eropa Barat 2 kali, United Kingdom, Spain, China, Australia, Korea dan Japan 2 kali. The Real Great Sales.

Saya sempat menanyakan ke saudara Yoash perihal penjualan bulan Mei-Juni 2017  dan 2018 untuk sebagian besar sales otomotif adalah masa yang sulit dan menantang, mengapa Anda bisa tetap bagus dan di atas rata-rata ? Dalam kondisi anomali yang terjadi, ia pun masih berhasil membukukan penjualan retal sebanyak 17 unit di Mei dan 13  unit di Juni 2017. Sedangkan ditahun berikutnya dengan kondisi yang hampir sama di Maret ia menjual 15 unit, April 18 unit, Mei 17 unit di tahun 2018, sungguh prestasi yang sangat luar biasa.

Ia menjelaskan bahwa waktu closing semakin singkat karena terpotong libur lebaran. Yoash memaparkan bahwa dia selalu berfikir jika orang tutup telfon, 5 detik tidak memberi kabar, berarti ia beli ke orang lain. Jadi harus ekstra ngotot dan bener-bener konsen dalam melakukan follow up serta mempunyai modal data base yang banyak.

Pertanyaan selanjutnya karakter apa yang mempengaruhi kesuksesan bisa mempertahankan 3 tahun berturut-turut menjadi best sales DKI 1 dan tahun keempat menjadi The Best Sales Nasional ?

Yoash menjelaskan bahwa karakter utama untuk bisa konsisten berada di titik puncak kesuksesan adalah harus ngotot, tahan banting, bisa beradaptasi terhadap berbagai karkter customer, positif thinking dan selalu berfikir Semua Pasti BISA. Bisa closing dengan cepat, Bisa handle complain pelanggan dengan baik, bisa membuat customer puas dan berkesan dengan layanan kita.

Selain itu, karakter untuk selalu positif thinking, disiplin dan konsisten menjaga performance penjualan juga menjadi prinsip yang dipegang teguh. Harus mempunyai standar minimum penjualan dan setiap hari harus lebih baik dari hari sebelumnya. Jika sudah menentukan target, harus bisa dicapai bahkan dilampaui sesuai dengan komitmen yang sudah ditetapkan.

Pertanyaan yang sama perihal karakter apa yang membuat ia konsisten jualan hebat di masa yang bagi sebagian sales lain terasa berat  ?

Sedikit berbeda dengan Yoash, Lilis best sales di AUTO 2000 Salemba yang mulai bergabung sejak November 1999 dan berjualan secara konsisten bagus sampai saat ini adalah sosok yang menginspirasi dan membanggakan. Bukan sekedar jualan retail, ia bisa memaintain customer fleetnya secara baik sehingga bisa berbuah manis dengan order big deal dengan metode pembelian secara kredit. Sebagai gambaran di 3 tahun terakhir ia membukukan penjualan 539 di tahun 2016 dan 2017 dan sampai akhir Juni 2018 ia telah menjual 101 unit sehinggan dalam jangka waktu 2.5 tahun ia telah mebukukan penjualan  640 unit atau secara average per bulan 21. 3 unit. Di tahun 2015 dan 2016 ia juga menjadi Platinum Member Sales Auto 2000.

Beberapa penghargaan trip ke luar negeri yang ia dapatkan diantaranya jalan-jalan ke West Uerope dan Jepang masing-masing dua kali, UK dan New Zealand masing-masing satu kali,

Ia menyampaikan bahwa saat ini ia sangat bersyukur bisa tetep konsisten jualan cukup baik karena terbantu oleh pelanggan yang membeli secara berulang (repeat order) baik retail maupun fleet perusahaan. Tetap menjaga hubungan baik dengan customer, melakukan kunjungan rutin, quick response, tidak menunda-nunda pekerjaan, tetap rendah hati dan terus belajar adalah karakter yang ia pegang teguh agar bisa bertahan menjadi yang terbaik.

Lilis memiliki prinsip jika kita memulai dengan proses yang baik maka pasti mendapatkan hasil yang baik. Ia menambahkan bahwa untuk menghadapi customer fleet yang discount oriented, salah satu karakter yang perlu diperbaiki ialah kesabaran. Salah satu mentor yang menyadarkannya akan pentingnya sikap sabar ialah penulis buku ini yaitu Harman, he he he…

Kekuatan karakter akan sangat menentukan tingkat kesukses seseorang dalam melakukan penjualan

Karakter atau watak merupakan sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, tabiat dan response  yang dimiliki seseorang terhadap kondisi diri sendiri, orang lain dan situasi yang ada disekitarnya.

Menurut Dr. Jacob Ezra, Karkter adalah kekuatan untuk bertahan di masa sulit. Karakter yang positif bisa diketahui melalui “respon” yang benar ketika kita mengalami tekanan, tantangan dan kesulitan.

Sebagai seorang salesman, karakter adalah pondasi utama menuju keberhasilan penjualan. Kekuatan karakter akan sangat mempengaruhi sikap dalam melewati setiap proses dalam melakukan penjualan, mulai dari prospekting, follow up, negosiasi sampai closing. Bahkan sangat berpengaruh terhadap ketahanan mental sebagai salesman untuk terus berjuang dan bertahan dalam kondisi sesulit apa pun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*