Kekuatan Merek dan Inovasi

Toyota Rize

Merek atau brand biasa dilekatkan pada suatu tanda atau simbol yang terdiri dari nama, istilah, gambar, logo, lambang, desain atau kombinasi dari semuanya yang ditujukan untuk mengidentifikasi, mendefinisikan  atau memberi identitas kepada suatu barang atau layanan (jasa) dari penjual yang membedakannya dari pesaing atau kompetitor.

Bahkan dalam kondisi tertentu, misalnya di dunia pemasaran, merek melebihi dari sekedar gambar, logo atau simbol, melainkan sebuah aset yang tidak tampak (intangible asset) yang mempunyai nilai luar biasa. Merek mempunyai kekuatan kepercayaan yang terpatri di benak pelanggan. Jika seseorang atau perusahaan mampu membangun brand yang dipercaya oleh masyarakat, makai ia akan mampu bertahan dan terus berkembang di tengah kondisi perubahan yang begitu cepat.   

Namun demikian, dalam kondisi terkini, merek kuat saja tidak cukup jika tidak diikuti oleh inovasi untuk terus menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Cukup banyak brand yang sudah terkenal dan besar tiba-tiba lenyap karena kalah cepat dengan perubahan teknologi dan kebutuhan pelanggan. Misalnya Kodak, Nokia, Blackberry, dan lainnya.

Salah satu perusahaan yang terus melakukan inovasi dan mempunyai kekuatan brand yang sangat luar biasa adalah ASTRA. Dengan payung besar PT. Astra International, Tbk, di sektor otomotif sebagai salah satu lini bisnis utamanya menghadirkan inovasi berupa kolaborasi antara Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu motor dengan produk terbarunya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Toyota Rize masuk dalam segmen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle). Produk ini hadir memenuhi harapan pelanggan di kelas tersebut yang terus bertumbuh signifikan di Indonesia.  Menurut CNBC Indonesia (1 Mei 2021), pada tahun 2017, kontribusi segmen SUV terhadap poenjualan Toyota masih berada di angka 11.9%. Hanya berselang tiga tahunyaitu pada 2020, komposisinya naik lebih dari dua kali lipat hingga menjadi 25.9%.

Produk terbaru Toyota Rize dengan harga 200  jt an sangat disambut antusias oleh pelanggan Toyota. Bayangkan saja sebelum launching, sebelum tahu spesifikasi dan bentuknya saja sudah ada sekitar 10 orang pelanggan dan di hari pertama setelah launching di showroom Auto2000 kalimalang juga 10 pelanggan yang rela indent menunggu suplay pertama di Juni 2021.

Inilah kekuatan sebuah brand dan Inovasi     

Jangan sampai menunggu antri setahun seperti yang pernah terjadi di Toyota Avanza

Segera lakukan pemesanan sekarang ke team sales Auto2000 di seluruh Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *