The Success Bluprint

“The Blueprint for Success is inside you.

It will stay there unless you take it out and create it”

Larina Kase

Sobat wiraniaga, pernahkan Anda bertanya, Mengapa ada sebagian kecil orang bisa berjualan dalam jumlah yang banyak dan konsisten banyak, namun di sisi yang lain ada sebagian yang terus berada di jurang kemiskinan dalam berjualan  ? Mengapa seorang sales ada yang setiap tahun selalu mendapatkan penghargaan atau reward berupa trip ke luar negeri dua sampai tiga kali atau bahkan lebih dan sebagian besar yang lain tidak  ?

Menurut Tommy Siawira dari Wealth Mindset Training mengemukakan bahwa  “90 % orang tidak dapat mencapai impiannya bukan karena tidak memiliki kemampuan melainkan mereka tidak memiliki tujuan yang  jelas atau blueprint tentang kesuksesan yang mereka impikan”. Artinya sebagian besar manusia ingin sukses, namun sangat sedikit yang benar-benar bisa mencapai sukses yang mereka impikan oleh karena mereka tidak memiliki blueprint untuk mencapainya.

Blueprint menurut kamus bahasa inggris berarti cetak biru atau perencanaan. Dalam bidang arsitektur, blueprint merupakan gambaran sebuah bangunan di atas kertas yang berwarna biru. Seorang pimpinan project baru bisa memulai membangun sebuah gedung ketika blueprintnya sudah ada. Artinya cetak biru ini merupakan instrument yang sangat penting untuk keberhasilan membangun sebuah gedung dengan berbagai kelangkapannya.

Demikian pula untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan, bisnis, atau yang lebih khusus dalam hal penjualan, blueprint kesuksesan ini merupakan prasyarat yang sangat vital menuju gerbang keberhasilan. Bagiaman mungkin seseorang dapat mencapai kesuksesan yang luar biasa jika di dalam dirinya tidak memiliki gambaran yang jelas atau blueprint tentang kesuksesan.

Strong Why

Terima kasih pak Ivan Sadik selaku Chief Operation PT. Astra International – Toyota Sales Operation, yang telah mempersiapkan dan membekali pasukan sales dengan project yang sangat bermanfaat dan bisa diakses setiap saat, di manapun mereka berada, selama ada koneksi internet. Project “LION SALES AUTO 2000”. Salam Kompak Selalu  !!!

Team ACT Consulting yang dimotori oleh pak Ari Ginajar dalam pembukaannya selain mengulas tentang perlunya kewaspadaan tingkat tinggi terhadap fenomena VUCA seperti yang sudah saya jelaskan di latar belakang penulisan buku ini, juga mengulas perihal prosentase orang sukses dan orang gagal. Menurut sebuah survey, 95 % orang hidup dalam keadaan biasa – biasa saja dalam karir, keluarga, kehidupan pribadi dan hanya 5 % orang yang mencapai kesuksesan dalam hidup, usaha dan keluarga. Lebih berbahayanya lagi, 95 % dari mereka yang gagal dalam kehidupan pribadi, karir dan usahanya, memiliki tendensi untuk gagal kedua kali, ketiga kali dan seterusnya.

Di era VUCA, kesuksesan bukanlah bersifat linear atau bertahap, melainkan sukses itu bersifat eksponensial atau terjadi lompatan yang berkelipatan atau biasa disebut dengan Quantum Excellence.

Sebelum menyusun blue print kesuksesan, hal yang perlu dan penting untuk kita ketahui adalah apa alasan utama kita ingin mencapai kesuksesan ? Kunci paling pertama untuk bisa mencapai kesuksesan ialah kita harus mengetahui alasan yang paling kuat yang ada dalam diri kita, alasan utama kenapa kita harus menggapai keberhasilan dan alasan yang mampu mendorong Anda ke arah kesuksesan. Mereka yang bertahan dan sukses di masa sekarang adalah mereka yang memiliki STRONG WHY dan bisa mewujudkannya.

Sebagai insan ASTRA, kita sangat mengenal strong why yang sudah ditetapkan oleh pak William Soeryadjaya selaku founder PT. Astra International sejak berdirinya perusahaan yaitu CATUR DARMA yang isinya antara lain :

  1. Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara
  2. Memberikan pelayanan terbaikkepada pelanggan
  3. Saling menghargai dan membina kerja sama
  4. Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik

Bagaimana dengan Strong Why Anda sebagai The Greatest Sales  ???

Menurut ACT Consulting, untuk bisa menentukan apa strong why yang Anda miliki, setidaknya ada empat pertanyaan yang harus Anda jawab yaitu  :

  1. Apa yang ingin Anda capai ?
  2. Apa yang harus dilakukan namun belum dilakukan ?
  3. Apa yang harus ditinggalkan namun masih dilakukan ?
  4. Apa alasan Anda mencapai yang diinginkan ?

Selamat menemukan Strong Why Anda dan semoga bisa merealisasikannya dengan segera.

Goal Setting

Dalam sebuah diskusi team, saya bertanya pada anggota team, sebenarnya kapan sih waktu yang paling tepat untuk menentukan target (goal) atau orang kerap kali menyebutnya tujuan (objective) ? Ada yang menjawab awal tahun, awal bulan, awal minggu dan ada pula yang berpendapat setiap pagi hari. Jawaban tersebut tidak ada yang salah, boleh dibilang semuanya benar, ya semuanya benar, tergantung kapan kita membutuhkan. Sebuah target atau goal bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori atau tahapan, ada target jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

Seorang sales misalnya mempunyai objective meningkatkan penjualan minimal  lima unit mobil per bulan dan target Jangka panjang misalnya maksimal 3 tahun harus sudah mempunyai rumah milik pribadi atau mobil baru atau keduanya. Dengan tujuan dan target ini akan mengarahkan segenap aktivitas yang ia kerjakan untuk mewujudkannya.

Tujuan merupakan suatu pernyataan tentang keadaan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Dalam menetapkan suatu tujuan biasanya juga diiringi dengan berbagai upaya atau tindakan yang mengarah pada pencapaian hasil akhir. Penetapan tujuan juga bisa digunakan sebagai alat monitoring apakah dalam tenggang waktu yang sudah ditetapkan kita sudah mencapainya atau belum.

Menurut Gibson, dkk (1985), Goal Setting adalah proses penetapan sasaran atau tujuan dalam bidang pekerjaan, yang melibatkan atasan dan bawahan secara bersama-sama menentukan atau menetapkan sasaran atau tujuan-tujuan kerja yang akan dilaksanakan tenaga kerjanya sebagai pengemban tugas dalam suatu periode tertentu.\

Tren awal tahun, biasanya kita bertanya, apa “resolusi” kita tahun ini ? Apa impian kita yang ingin kita capai ? Ironisnya, begitu memasuki bulan ke tiga atau ke empat, ada sebagian yang sudah lupa, apa sebenarnya yang kita inginkan dan apakah kita benar-benar memperjuangkan untuk mewujudkannya ?

Agar kita bisa mewujudkan apa yang menjadi impian kita dan impian tersebut tetap “menyala” sepanjang waktu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun dream atau lebih spesifik goal setting Anda. Yang pertama, tentukan goal yang menantang dan achievable.

Menjadi yang terbaik adalah goal yang akan mengantarkan kita pada sukses luar biasa. Untuk mewujudkannya dan bertahan hingga akhir, goal harus tertulis, spesifik dan positif. Selain itu harus ada alasan yang sangat kuat mengapa goal tersebut perlu kita capai dan upaya apa yang kita lakukan untuk mewujudkan goal tersebut.

Jika dalam perjalanannya ada hambatan, dan ada yang meragukan kemampuan Anda, anggap sebagai masukan dan percayalah bahwa Anda mampu mencapainya. Percaya pada kemampuan diri sendiri adalah modal yang sangat penting dalam pencapaian goal. Lakukan activity harian yang selalu mengarah pada pencapaian impian dan ciptakan momentum mengukir prestasi terbaik. Sebagai The Greatest Sales kita harus Strict terhadap target dan Fleksibel terhadap cara

Untuk mempermudah mencapainya, belajarlah dari orang yang sudah sukses mencapai impian dalam bidang yang Anda tuju. Selain itu, mengikuti forum, asosiasi dan komunitas juga akan semakin menambah bahan bakar tingkat kesuksesan anda dalam mencapainya. Buatlah folder khusus di PC atau smart phone perihal goal setting Anda dan segeralah ambil tindakan untuk mewujudkannya.

Tips mencapai puncak kesuksesan penjulan :

  1. Mempunyai goal menjadi yang terbaik
  2. Mempunyai alasan yang sangat kuat (strong way)
  3. Mempunyai mentor terbaik
  4. Melakukan Action terbaik

 Menyusun Blueprint Kesuksesan

Pernahkah Anda memanfaatkan google map dalam perjalanan menuju suatu tempat ?  Sejak awal perjalanan kita sudah mengetahui jalur tercepat dan paling sedikit hambatan menuju tempat yang kita tuju. Selain itu jika kita ternyata menemui jalur yang macet atau bertanda merah, kita juga bisa mencari alternatif jalan lain yang lebih lancar.

Demikianlah manfaat dari blueprint yang kita susun sebagai seorang sales. Dengan adanya blueprint, akan semakin memudahkan pencapaian tujuan penjualan dan kembali menyemangati ketika menemui kegagalan dalam penjualan untuk mencari alternatif strategi guma melampaui target yang sudah ditetapkan. .

Untuk memudahkan pencapaian hasil yang kita inginkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu  :

  1. Hasil yang ingin dicapai harus dinyatakan dengan kalimat positif
  2. Spesifik dan ada batasan waktunya
  3. Berada dalam kontrol atau kendali kita
  4. Mempunyai gambaran yang jelas
  5. Dijabarkan dengan lebih rinci cara mencapainya

Contoh membuat Bluprint Kesuksesan :

Blue Print Kesuksesan 2012

 “ Saya …………., dengan gembira dan bangga sudah mencapai Penjualan ……………..Sejumlah ……… Unit atau lebih , pada tanggal 31 Oktober 2012 atau lebih cepat. “

 

Minimal ……. unit Big Deal dan …… unit Retail. Dengan Rincian minimal ….. Unit/bulan dan …… Unit/minggu.

Setiap bulan minimal ….. Kredit, ….. Asuransi Cash, ….. Trade in,   (rincian bisa menyesuaikan target sesuai klebutuhan)

 

ACTIVITY PLAN HARIAN :

  • Mendapatkan minimal ……. New Prospek dengan DATA LENGKAP (Nama, Alamat Rumah dan Kantor, No Telp, e mail, Profesi, kebutuhan kendaraan dan problem yg dihadapi.
  • Melakukan kunjungan/bertemu prospek minimal ….. orang/hari
  • Melakukan follow up by phone minimal …… prospek setiap hari
  • Mengirimkan penawaran minimal ….. SMS atau broadcast massage (WA), penawaran via e mail, fax penawaran, blog, face book, tweeter, link inn, Minimal seminggu sekali
  • Melakukan follow up pasca delivery sesuai dengan arahan CRC dan memaksimalkan sitem layanan purna jual yang sudah ada untuk meminta referensi dan meningkatkan penjualan dengan lebih optimal
  • Fokus penjualan rental dan perusahaan
  • Shalat berjamaah tepat waktu, shalat duha, tahajud, sodaqoh dan puasa senin kamis

 

Rencanakan apa yang akan Anda kerjakan dan Kerjakan apa yang sudah Anda rencanakan. DO THE BEST TO BE THE BEST !!!!!

 

Jakarta, …………………………….

 

Dengan Kerja Cerdas dan Keras, Kami Berkomitmen Untuk Mencapainya !!!

 

 Nama                                                     Nama Istri                             Nama Pimpinan

                                                                       

Action Plan

Ibarat ingin menempuh perjalan jauh ke luar kota, kita biasanya mempersiapkan kendaran dalam kondisi sebaik mungkin. Melakukan service berkala, mengganti oli, mengecek ban, kopling, aki dan lainnya demi kelacaran perjalan kita mencapai tujuan.

Hal serupa juga perlu kita persiapkan sebagai seorang sales. Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik mental, fisik, pengetahuan dan keterampilan.  Ini seperti “kendaraan” yang akan membawa Anda melewati tahun ini. Semakin baik mental dan fisik Anda serta semakin banyak ilmu penjualan dan keterampilan serta aksi nyata yang Anda lakukan akan semakin mendukung perjalanan meraih sukses di tahun ini.

Training atau pelatihan perihal product knowledge, product comparation, negotiation skill  dan menjadikan prospekting, follow up serta janji temu dengan pelanggan sebagai habit atau kebiasaan akan semakin meningkatkan produktivitas dalam penjualan. Sebagai orang sales kita juga harus mempunyai perencanaan yang lebih sistematis baik harian, mingguan ataupun bulanan dalam menghadapi kondisi market tahun ini.

Fokus dan Konsisten Hingga finish

Kondisi market yang baik ibarat trek lurus di sirkuit, dimana anda bisa berkendaraan dengan kecepatan tinggi. Sedangkan ekonomi alias pasar yang lesu ibarat tikungan tajam yang harus dilewati, dimana anda harus mengurangi kecepatan dan melakukan manuver di tikungan dengan baik, karena bila anda tidak mengurangi kecepatan akan berakibat fatal.

Artinya Anda harus siap untuk menjual dengan sebanyak banyaknya ( full speed ) saat berada di trek lurus alias pasar bagus, karena ini akan menjadi tabungan saat pasar lesu dan anda tidak bisa menjual dengan maksimal. Bila di tahun sebelumnya Anda membagi target tahunan menjadi 12 bulan, di tahun ini Anda harus membaginya menjadi 10 bulan. Jadi ketika bulan sepi Anda masih punya tabungan penjualan.

Setelah goal ditetapkan, action plan usai dibuat, jangan pernah menunggu, segeralah beraksi dengan segenap daya dan kreativitas yang Anda miliki. Fokuslah pada rencana, aksi dan evaluasi harian Anda, jangan pernah menyerah dan terus tingkatkan penjualan Anda. Retail sales sangatlah penting, akan tetapi jangan lupakan fleet customerlah yang akan meningkatkan volume penjualan Anda secara signifikan

Sebuah prestasi membutuhkan konsistensi. Dalam berjalannya waktu tidak mudah untuk di prediksi, tetapi bila anda konsisten untuk tetap berjuang dalam kondisi baik ataupun sulit, saat galau ataupun senang sampai titik terakhir, maka Anda akan mencapai prestasi penjualan terbaik di tahun ini

Tulislah apa yang menjadi Sales Blueprint Anda untuk menjadi Sales Hebat  ???

………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………….

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*