Great Habit

Berawal dari ketertarikan memperhatikan up date status di sosial media beberapa teman yang sudah terbiasa alias hobi lari, menantang diri saya untuk bisa menjadikannya sebagai salah satu cara menuju pola hidup sehat dan habit berolah raga yang murah dan hanya membutuhkan modal kemauan dan aksi nyata untuk mewujudkannya.

Serasa alam membaca pikiran kita, dalam sebuah Dinner Gathering Komunitas Sales Indonesia (KOMISI) 10 Agustus 2017 di bilangan Jakarta Pusat, Priscilla D Airin menyampaikan bahwa salah satu cara untuk menuju puncak kesuksesan ialah dengan karakter endurance atau daya tahan. Ia bercerita tentang habit awal yang tidak suka berolah raga kemudian tertarik dengan olah raga lari menjelaskan bahwa jika kita ingin menempuh jarak tertentu misalnya 3 KM pertama tanpa berhenti berlari, harus dilakukan dengan pemanasan terlebih dahulu dan berlari tidak harus cepat melainkan cukup pelan, santai namun konsiten tapa berhenti sampai titik tujuan.

Langsung praktik di 13 Agustus 2017 saya memulai lari tanpa henti dengan jarak tempuh awal 2 KM,  kemudian di 18 Agustus  meningkat menjadi 3 KM, dan di hari minggu 20 Agustus saya berhasil mencapai  5 KM pertama, 22 Agustus 3.23 Km, 24 Agustus 3.37 KM dan di Minggu 27 Agustus berhasil mencapai  6 KM berlari tanpa berhenti. Top rekor sejauh 12.23 KM pada 5 November 2017 dan mengikuti ASTRA Runners 12 November dengan jarak tempuh 6 Km secara bersama-sama dengan pelari lain dari Astra group. Hingga saat ini kurang lebih 1 tahun lari 6  KM sudah menjadi habit untuk dilakukan minimal seminggu dua kali.

Salah seorang tokoh pimpinan ASTRA yang menginspirasi dalam bidang olah raga sepeda dan lari adalah pak Suparno Djasmin (pak Abong). Beliau secara konsisten bersama team ASTRA group menggerakkan dan membiasakan yang lain bukan sekedar untuk hidup sehat, melainkan juga peduli dan berbagi. Tema event larinya ialah ASTRA RUNNERS “We Run – We Care – We Share”.

Menjadikan habit atau kebiasaan positif merupakan kombinasi antara proses pembentukan mental, keterkaitan antara pikiran, perasaan dan tindakan yang cukup menantang.  Dari akal terbentuk pola pikir, dari pola pikir ini membentuk perilaku dan dari pola prilaku ini menjadi karakter. Jika karakter ini terbentuk dan terjadi secara terus menerus dan berulang maka akan menjadi kebiasaan.

Mentor dan guru saya pak Tung Desem Waringin mengemukakan bahwa Anda tidak akan bangun suatu pagi dan tiba-tiba menjadi sukses. Sukses adalah gaya hidup. Ini bukan peristiwa satu kali yang akan terjadi pada Anda di hari itu. Sukses merupakan rangkaian peristiwa yang mengukir  perjalanan hidup Anda dari waktu ke waktu secara konsisten dan optimal serta menjadikannya sebagai kebiasaan.

Kebiasaan terbentuk dari tindakan dan ucapan yang dilakukan secara berulang.

Jika kita ingin sukses menjadi sales hebat, yang perlu kita lakukan ialah kita harus bisa mengenal atau fokus pada kelebihan kita dan bisa mengimbangi kekurangan dengan potensi kelebihan yang kita miliki. Rubah belief system  yang ada dalam diri kita menuju arah yang positif, pola perilaku, aksi nyata dan jika dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi habit atau kebiasaan.

Kebiasaan lama yang bersifat negatif tidak bisa kita hentikan, yang bisa kita lakukan ialah mengganti dengan kebiasaan baru. Jika kita ingin melakukan kebiasaan baru yang lebih positif maka harus mempunyai reminder atau pengingat untuk melakukan hal baru, melakukannya secara rutin atau berulang dan jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan maka berikanlah reward kepada diri Anda atas keberhasilan dalam melakukan perubahan dan kebiasaan positif tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*