Menjual 5 unit Mobil sehari, Mungkinkah ???

Semangat pagi rekan2 Sales Leader dan tenaga penjual di seluruh nusantara !!! Apa kabar Anda hari ini ??? Semoga selalu bersemangat antusias dan menyambut hari dengan optimis dan mindset positif.

Beberapa hari yang lalu, Kamis, 22 November 2018, sebelum memulai event gathering Auto 2000 Region Bekasi, usai shalat magrib saya sempat berbincang dengan salah satu icon sales hebat Auto2000, Apip Pudin.

Di hari itu saya bertanya ke Apip, “apa kabar hari ini ?” Dia langsung menjawab, “baik pak, hari ini saya SPK 5”. “Waw… keren sekali, gimana caranya Pip, bisa SPK 5 dalam 1 hari ?” jawabku.

Apip bercerita bahwa semangat yang prima, ngotot, selalu berfikir positif, respon cepat, perbanyak aktivitas, prospek, follow up dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci keberhasilannya. Hari ini Ia bertemu dengan 3 pelanggan di tempat berbeda, 1 ketemu di kantor cabang dan yang satu lagi hadir di acara gathering malam ini namun sudah deal, tinggal buat surat pesanan saja.

Kemudian saya kembali bertanya kenapa ia begitu bersemangat dalam bekerja ? Apip menjelaskan seperti yang ada dalam buku The Greatest Sales Way bahwa kita harus mempunyai harapan, impian, dan alasan yang sangat kuat mengapa kita harus mencapai puncak kesuksesan atau sering disebut sebagai strong why sangat menentukan keberhasilannya menjadi sales hebat.

Ia sangat termotivasi dalam bekerja karena harus membiayai adik kandung dan saudaranya sebanyak 5 orang yang kuliah di universitas negeri dan swasta. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan, melakukan penundaan dan takut terhadap penolakan. Ia terus bergerak, melaju menghadapi setiap tantangan. Alasan yang sangat kuat atau strong why membuatnya begitu bersemangat, antusias dan ngotot untuk menghasilkan penjualan yang banyak dan berlipat.

Lebih lanjut ia menjelaskan mengapa ia bisa konsisten jualannya bagus karena ia mempunyai deposit prospek yang banyak dan terus ia tambah setiap saat. Ia setuju sekali dengan salah satu yang termuat dalam buku The Greatest Sales Way bahwa sebenarnya prospek ada di mana-mana. Apip mencontohkan bahwa pada saat antri membayar makanan yang ia pesan di sebuah rumah makan, pada saat ia mengantri, ia melihat di struk pembayaran yang dipegang pelanggan yang ada di depannya terdapat nama dan no telpon, ia catat, ia follow up dan menghasilkan penjualan.

Ia juga sering membantu customer yang claim body di bengkel, meski ia tidak mengenal sebelumnya namun ia layani dengan tulus, maka dalam jangka panjang ia biaa mengolah data yang didapat menjadi prospek dan menghasilkan closing penjualan. Bahkan ia bercerita pernah mendapatkan kartu nama dari tempat sampah, ia bersihkan dan difollow up sehingga bisa mendatangkan hot prospek dan menambah penjualan. Ditambah lagi data base bengkel dan pelanggan lamanya yang begitu banyak ia kelola dan follow up dengan baik dan kontinyu sehingga prospeknya pun tiada pernah habis.

Ia menambahkan jika kita sedang bertugas di public display harus agresif, minta nomor HP yang valid, alamat lengkap atau foto KTP.

Faktor yang ketiga untuk bisa mendapatkan penjualan yang banyak ialah pada saat negosiasi, Apip selalu mempunyai 1001 cara agar customer bisa closing.

Negosiasi jangan via telfon. Follow up by phone hanya untuk membuat janji temu. Temuilah pelanggan di rumah, toko atau kantornya. Jangan berfikir sekali ketemu bisa langsung deal, namun anggaplah sebagai bagian dari silaturahmi atau membina persaudaraan.

Ketika sudah bertemu dengan pelanggan, jadi atau tidak dalam melakukan pembelian, tidak lah terlalu penting, yang terpenting kita sudah mengenal dengan lebih dekat dan tahu alamat rumahnya. Jika gagal pun, yakin lah suatu saat ia akan menghubungi kita dan memberikan referensi.

Jangan pernah takut atau mundur ketika pelanggan berkata produk kita mahal atau discount terlalu kecil. Salah satu cara yang cukup ampuh ialah dengan mengexplore bagaimana metode pembeliannya cash atau kredit ? Selalu ada celah dan peluang untuk bisa masuk dan mencari solusi terhadap keberatan pelanggan.

Terakhir yang Apip jelaskan ialah selalu tersenyum, bersabarlah saat menghadapii pelanggan yang complain dan terus lakukan usaha dan do’a untuk bisa menjadi yang terbaik.

Semoga bermanfaat !!!

8 Comments

  1. Wah keren ya Pak Apip ini, harus cakap juga pandai ajak customer ngomong, kalo ketemu tiap hari terus ditanyain “ngapain pak disini?” kalo orang awam pasti bingung wkwk.. Thank you banget sharing nya Pak Harman Semoga makin Dahsyat ya informasi yang dibagikan lain kali..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*